Tentang Teknik Telekomunikasi

Program Studi Teknik Telekomunikasi merupakan salah satu Program Studi yang berada Di bawah Jurusan Teknologi, Produksi dan Industri (JTPI), Menurut UU No.52 tahun 2000 tentang penyelenggaraan telekomunikasi maka untuk memenuhi kebutuhan Revolusi Industri 4.0 dibutuhkan penyelenggaraan jaringan, jasa, dan penyelenggaraan khusus yang merata dan berkesinambungan di segala lapisan masyarakat dan industri.

Untuk mendukung kemajuan Revolusi Industri 4.0 masyarakat dan ekonomi di wilayah Sumatera maka diperlukan akses pertukaran informasi yang cepat. Telekomunikasi merupakan satu elemen penopang terbangunnya sistem komunikasi yang dapat mentransfer informasi secara cepat antar masyarakat dan industri dengan menggunakan internet.

Program studi Teknik Telekomunikasi merupakan perkembangan dari bidang ilmu Teknik Elektro yang secara khusus membahas tentang teknologi untuk memudahkan manusia berkomunikasi jarak jauh mulai dari sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, serta semua teori dibalik itu.

Keilmuan Teknik Telekomunikasi merupakan keilmuan inter disiplin, yang memerlukan kombinasi keilmuan elektronika, probabilitas dan statistik, ilmu komputer, elektromagnetik, ekonomi, manajemen, serta regulasi dan kebijakan yang terkait ke teknologi telekomunikasi.

Untuk menguasai keilmuan Teknik Telekomunikasi, tentu saja diperlukan fondasi yang kuat dalam penguasaan keilmuan pengetahuan alam dan matematika.

Visi Program Studi Teknik Telekomunikasi ITERA

Menjadi program studi yang unggul di Pulau Sumatera dan mampu merespon perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang Telekomunikasi pada tahun 2030.

Misi Program Studi Teknik Telekomunikasi ITERA 

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan khususnya bidang Telekomunikasi untuk menyiapkan lulusan yang siap menggunakan, mengembangkan, serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkarakter.
  2. Melakukan kegiatan penelitian yang dapat menghasilkan pengembangan teknologi yang inovatif dalam bidang telekomunikasi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi untuk mewujudkan masyarakat yang cakap teknologi.

Tujuan Program Studi Teknik Telekomunikasi ITERA 

  1. Menghasilkan lulusan sarjana teknik yang mampu menggunakan kemampuan dasar keilmuan dan keterampilan teknik serta mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan baik dalam lingkungan social yang bermanfaat dalam perjalanan karirnya.
  2. Memiliki lulusan yang menghasilkan luaran berupa punlikasi atau produk atau kekayaan intelektual lainnya dari kegiatan penelitian dalam bidang telekomunikasi.
  3. Menciptakan lulusan yang berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang cakap teknologi melalui karya atau layanan yan dihasilkan darikegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Survey Kepuasan Akademik di Program Studi Teknik Telekomunikasi